MODUL AJAR ILMU
PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)
MAKHLUK HIDUP DAN
LINGKUNGANNYA
INFORMASI UMUM
1. IDENTITAS MODUL
Nama
Penyusun : Fitrotun Laelah
Nama Sekolah
: SMK Perguruan “Cikini”
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Tahun
Penyusunan : 2025 / 2026
Alokasi
Waktu : 810 menit (3 pertemuan @6x45’)
Elemen : Menjelaskan fenomena secara ilmiah
Capaian
Pembelajaran : Peserta didik menjelaskan fenomena fenomena yang terjadi di
lingkungan sekitarnya dilihat dari berbagai aspek seperti makhluk hidup dan
lingkungannya.
2. KOMPETENSI AWAL
Peserta didik telah memiliki pengetahuan awal
tentang memahami pengertian makhluk hidup.
3. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil
Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:
Peserta didik akan mengembangkan kemampuan
bernalar kritis dan mandiri dalam menyelesaikan masalah.
4. SARANA & PRASARANA
Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada
saat belajar dengan modul ini antara lain:
§ Laptop/ Handphone
§ Internet
§ LKPD
§ Alat tulis
5. TARGET PESERTA DIDIK
§ Peserta didik reguler/tipikal: 75%
§ Peserta didik dengan kesulitan belajar: 15%
§ Peserta didik dengan pencapaian tinggi: 10%
6. MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN
Discovery Learning secara tatap muka dan daring
KOMPETENSI
INTI
1. TUJUAN PEMBELAJARAN
§ Peserta didik menjelaskan hubungan makhluk hidup dan lingkungannya
dapat digambarkan sebagai individu–populasi– komunitas–ekosistem–biosfer.
(Pertemuan 1)
§ Peserta didik mengidentifikasi masalah yang terdapat pada ekosistem.
(Pertemuan 2)
§ Peserta didik menentukan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi
masalah tersebut di tingkat lokal dalam perspektif global. (Pertemuan 3)
2. PEMAHAMAN BERMAKNA
Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik
diharapkan dapat mengatasi dampak perubahan lingkungan yang terjadi dalam
lingkungan.
3. PERTANYAAN PEMANTIK
§ Apakah kamu suka lingkungan yang bersih?
§ Apa yang kamu rasakan atau kamu dapatkan dari hasil pengamatan
tentang fenomena alam yang ada dalam modul ajar?
§ Apa harapanmu saat kamu mempelajari dampak perubahan lingkungan dan
upaya mengatasinya?
§ Bagaimana dampak perubahan lingkungan yang kamu ketahui?
§ Upaya apa yang dapat kamu atasi?
§ Bagaimana upaya mengatasi
dampak perubahan demi menjaga keseimbangan lingkungan?
4. PERSIAPAN PEMBELAJARAN
§ Guru membuat presentasi
tentang hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya.
§ Guru membuat contoh-contoh
masalah yang terjadi di ekosistem mencari upaya yang dapat dilakukan untuk
mengtasi masalah tersebut di tingkat lokal dalam perspektif global.
5. KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||
PERTEMUAN
1 |
||
Tahapan |
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Orientasi § Guru membuka pelajaran
dengan memberi salam dan peserta didik menjawab
salam dari guru § Salah satu peserta didik
memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME) § Guru mengecek kehadiran
peserta didik Apersepsi § Guru memberikan apersepsi dengan
menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi makhluk hidup dan
lingkungannya Motivasi § Guru memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari Pemberian
Acuan § Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung |
15 menit |
Kegiatan
Inti |
Fase 1:
Reflection M = (Mulai
Diri) § Menggunakan pertanyaan
pemantik untuk dikerjakan yaitu: -
Apakah kamu suka lingkungan yang bersih? -
Apa yang kamu dapatkan dari hasil pengamatan tentang fenomena alam
yang ada dalam modul ajar? -
Apa harapanmu saat kamu mempelajari dampak perubahan lingkungan dan
upaya mengatasinya? E =
(Eksplorasi Konsep) § Peserta didik menggali konsep tentang perubahan lingkungan dengan
mempelajari modul yang sudah diupload guru di Google Classroom (P3 Bernalar Kritis). Fase 2 :
Research R = (Ruang
Kolaborasi) § Guru membagi peserta didik
membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi
tentang permasalahan dalam LKPD 1 yang telah diupload guru dalam Google
Classroom (P3 Gotong royong). R =
(Refeleksi Terbimbing) § Guru membimbing peserta
didik untuk dapat menemukan konsep perubahan lingkungan melalui pertanyaan di
Google Classroom. D =
(Demonstrasi Konstektual) § Peserta didik mengerjakan
tugas mandiri untuk lebih memahami perubahan lingkungan di Google Classroom
(P3 Mandiri). E =
(Elaborasi Pemahaman) § Guru membimbing peserta
yang mengalami kesulitan. § Peserta didik bisa bertanya
jika ada kesulitan. |
210 Menit |
Kegiatan Penutup |
K = (Koneksi
Antar Materi Peserta didik bersama) § Peserta didik dapat
menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum. § Peserta didik mengerjakan
assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan. A = (Aksi
Nyata) § Guru memberikan tugas
mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi. § Guru memberikan motivasi. § Guru menutup dengan
memberikan salam. |
45 Menit |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||
PERTEMUAN
2 |
||
Tahapan |
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Orientasi § Guru membuka pelajaran
dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru, § Salah satu peserta didik
memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME), § 3. Guru mengecek kehadiran
peserta didik. Apersepsi § Guru memberikan apersepsi
dengan menggali pengetahuan awal peserta didik dampak perubahan lingkungan. Motivasi § Guru memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari. |
|
|
Pemberian
Acuan § Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang akan berlangsung. |
|
Kegiatan
Inti |
Fase 1:
Reflection M = (Mulai
Diri) § Menggunakan pertanyaan
pemantik untuk dikerjakan yaitu: -
Bagaimana dampak perubahan lingkungan yang kamu ketahui? -
Upaya apa yang dapat kamu atasi? E =
(Eksplorasi Konsep) § Peserta didik menggali
konsep tentang upaya mengatasi perubahan lingkungan dengan mempelajari modul
yang sudah diupload guru di Google Classroom (P3 bernalar kritis). Fase 2 :
Research R = (Ruang
Kolaborasi) § Guru membagi peserta didik
membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi
tentang permasalahan dalam LKPD 2 yang telah diupload guru dalam Google
Classroom (P3 Gotong royong). R =
(Refeleksi Terbimbing) § Guru membimbing peserta
didik untuk dapat memahami tentang Upaya mengatasi perubahan lingkungan
melalui pertanyaan di Google Classroom. D =
(Demonstrasi Konstektual) § Peserta didik mengerjakan
tugas mandiri untuk lebih memahami u paya mengatasi perubahan lingkungan di
Google Classroom (P3 mandiri). E =
(Elaborasi Pemahaman) § Guru membimbing peserta
yang mengalami kesulitan, § Peserta didik bisa bertanya
jika ada kesulitan. |
|
Kegiatan Penutup |
K =
(Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama) § Peserta didik dapat
menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum, § Peserta didik mengerjakan
assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan. A = (Aksi
Nyata) § Guru memberikan tugas
mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi, § Guru memberikan motivasi, § Guru menutup dengan
memberikan salam. |
45 Menit |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||
PERTEMUAN
3 |
||
Tahapan |
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Orientasi § Guru membuka pelajaran
dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru. § Salah satu peserta didik
memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME). § 3. Guru mengecek kehadiran
peserta didik. Apersepsi § Guru memberikan apersepsi
dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi upaya mengatasi
perubahan lingkungan. Motivasi § Guru memberikan gambaran
tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari. Pemberian
Acuan § Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung. |
15 Menit |
Kegiatan
Inti |
Fase 1:
Reflection M = (Mulai
Diri) § Menggunakan pertanyaan
pemantik untuk dikerjakan yaitu: -
Bagaimana upaya mengatasi dampak perubahan demi menjaga keseimbangan
lingkungan? E = (Eksplorasi
Konsep) § Peserta didik menggali
materi tentang upaya menjaga keseimbangan lingkungan dengan mempelajari modul
yang sudah diupload guru di Google Classroom (P3 bernalar kritis). Fase 2 :
Research R = (Ruang
Kolaborasi) § Guru membagi peserta didik
membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi
tentang permasalahan dalam LKPD 3 yang telah diupload guru dalam Google
Classroom (P3 Gotong royong). R =
(Refeleksi Terbimbing) § Guru membimbing peserta
didik untuk dapat memahami konsep upaya menjaga keseimbangan lingkungan melalui
pertanya-an di Google Classroom. D =
(Demonstrasi Konstektual) § Peserta didik mengerjakan
tugas mandiri untuk lebih memahami materi (P3 Mandiri). E =
(Elaborasi Pemahaman) § Guru membimbing peserta
yang mengalami kesulitan. § Peserta didik bisa bertanya
jika ada kesulitan. |
210 menit |
Kegiatan Penutup |
K =
(Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama) § Peserta didik dapat
menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum, § Peserta didik mengerjakan
assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan. A = (Aksi
Nyata) § Guru memberikan tugas
mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi, § Guru memberikan motivasi, § Guru menutup dengan
memberikan salam. |
45 Menit |
ASSESMENT |
||
§ Penilaian pengetahuan: Tes
Tulis Pilihan Ganda § Penilaian Performa: Membuat
Laporan Diskusi dan Presentasi § Penilaian Sikap: Observasi |
||
PENGAYAAN DAN REMIDIAL |
||
Ketuntasan proses
pembelajaran dapat ditunjukkan dengan pencapaian kompetensi yang telah
ditetapkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siswa yang belum
mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan, maka dapat
dikatakan siswa tersebut belum mencapai ketuntasan. Pokok bahasan atau materi
yang belum mencapai batas KKM harus dianalisis serta dilakukan pelakasanaan
program pendalaman materi dan selanjutnya diadakan program remedial atau
perbaikan. Pada prinsipnya program remedial atau perbaikan dilaksanakan untuk
menuntaskan tujuan pembelajaran yang belum dicapai siswa. |
||
METODE |
||
§ Menjelaskan kembali materi
atau soal-soal yang dijawab salah § Mengerjakan soal-soal
latihan |
||
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN |
||
§ Mengumpulkan siswa yang
akan mengikuti remedial untuk memperoleh tambahan pelajaran/pengayaan § Mengerjakan kembali materi
yang belum dimengerti atau dijawab oleh siswa § Mempersiapkan soal-soal
untuk siswa § Siswa diminta untuk
mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan § Guru memeriksa hasil
pekerjaan § Siswa yang memperoleh nilai
≥ 60 melaksanakan tutor sebaya § Siswa yang memperoleh nilai
< 60 dinyatakan belum kompeten dan diberi tugas atau soal-soal lebih
lanjut |
||
REFLEKSI
PESERTA DIRI DAN GURU |
||
§ Apa yang kamu peroleh dari
pembelajaran? § Apa kesulitan yang kamu
hadapi dalam mengerjakan LKPD? § Hal apa saja yang kamu
lakukan untuk memudahkan belajar Makhluk Hidup dan Lingkungannya? § Apa harapanmu? |
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
RINGKASAN MATERI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
Silahkan Cek ada di daftar label di beranda
2. LEMBAR OBSERVASI
Silahkan Lihat di beranda bagian tabel ada lembar observasi 1, Observasi 2 , observasi 3 untuk modul Hakhluk Hidup dan Lingkungannya
3. DAFTAR PUSTAKA
Kemendikbud. 2020. Makhluk Hidup dan
Lingkungannya Jilid 1 Untuk SMK. Kemendikbud–Dit. PSMK.
Huda Koirul. Modul Pembelajaran SMA Perubahan
Lingkungan. Mapel Biologi Kelas X. Lamongan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar