MODUL AJAR - KERUANGAN DAN KONEKTIVITAS RUANG DAN WAKTU

 

MODUL AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)

KERUANGAN DAN KONEKTIVITAS ANTAR RUANG DAN WAKTU

 

INFORMASI UMUM

 

1.    IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun            :    Fitrotun Laelah

Nama Sekolah              :    SMK Perguruan “Cikini”

Mata Pelajaran             :    Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Tahun Penyusunan       :    2025 / 2026

Alokasi Waktu              :    1350 menit (5 pertemuan @6x45’)

Elemen                          :    Mendesain dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah

Capaian Pembelajaran :    Peserta didik dapat menentukan dan mengikuti prosedur yang tepat untuk melakukan penyelidikan ilmiah, menjelaskan cara penyelidikan yang tepat bagi suatu pertanyaan ilmiah, serta diharapkan dapat mengidentifikasi kekurangan atau kesalahan pada desain percobaan ilmiah.

 

2.    KOMPETENSI AWAL

Peserta Didik telah memiliki pengetahuan awal tentang mendefinisikan pengertian ruang dan interaksi antar ruang.

 

3.    PROFIL PELAJAR PANCASILA

Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:

Peserta didik akan mengembangkan kemampuan beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, bernalar kritis, mandiri, dan bergotong royong dalam menyelesaikan masalah.

 

4.    SARANA & PRASARANA

Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:

§  Laptop/ Handphone

§  Internet

§  LKPD

§  Alat tulis

 

5.    TARGET PESERTA DIDIK

§  Peserta didik reguler/tipikal: 75%

§  Peserta didik dengan kesulitan belajar: 15%

§  Peserta didik dengan pencapaian tinggi: 10%

 

6.    MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN

Discovery Learning secara tatap muka dan daring

KOMPETENSI INTI

 

1.    TUJUAN PEMBELAJARAN

§  Peserta didik dapat menyimpulkan kondisi ekonomi suatu daerah berdasarkan survey studi lapangan. (Pertemuan 16)

§  Peserta didik dapat memetakan kondisi sosial pendidikan suatu daerah melalui observasi. (Pertemuan 17)

§  Peserta didik dapat membuat peta kerawanan sosial berdasarkan kondisi keaneka ragaman suku agama ras antar golongan (Pertemuan 18)

§  Peserta didik dapat mengidentifikasi permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi melalui observasi lapangan (Pertemuan 19)

§  Peserta didik mampu membuat solusi atas permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi melalui analisis data. (Pertemuan 20)

 

2.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan mendapatkan pemahaman terhadap kondisi sosial dan lingkungan alam dalam konteks lokal dan regional, nasional, hingga global. Selain itu, aspek ini juga terkait dengan pembelajaran tentang kondisi geografis Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas sosial, ekonomi, dan politik. Mempelajari konektivitas dan interaksi tersebut untuk mengasah kemampuan peserta didik berpikir kritis.

 

3.    PERTANYAAN PEMANTIK

§  Bagaimanakah kondisi ekonomi suatu daerah di lingkungan kalian?

§  Apakah kalian bisa memetakan kondisi sosial pendidikan di daerah kalian?

§  Menurut kalian apa itu peta kerawanan sosial?

§  Apa sajakah permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi yang kalian ketahui?

§  Apakah kalian bisa merancang solusi atas permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi yang berada di sekitar kalian?

 

4.    PERSIAPAN PEMBELAJARAN

§  Guru membuat presentasi tentang Pengertian Ruang dan Interaksi Antar Ruang

§  Guru membuat link room di Google Meet

 

5.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 16

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ 3. Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi konektivitas antar ruang dan waktu

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Bagaimanakah kondisi ekonomi suatu daerah dilingkungan kalian?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang kondisi       ekonomi suatu daerah dilingkungan dengan mempelajari modul (P3 bernalar kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 1 ( P3 Gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep kondisi ekonomi suatu daerah dilingkungan

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami kondisi ekonomi suatu daerah dilingkungan (P3 Mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 17

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan membacakan daftar hadir

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi pemetaaan kondisi sosial pendidikan di suatu daerah

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apakah kalian bisa memetakan kondisi sosial pendidikan didaerah kalian?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang memetakan kondisi sosial pendidikan di daerah dengan mempelajari modul (P3 bernalar kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 2 (P3 Gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep memetakan kondisi sosial pendidikan di suatu daerah

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep pemetaan kondisi sosial pendidikan di suatu daerah (P3 mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 18

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan membacakan daftar hadir

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait peta kerawanan sosial berdasarkan kondisi keaneka ragaman suku agama ras antar golongan

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Menurut kalian apa itu peta kerawanan sosial?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ 1. Peserta didik menggali konsep tentang peta            kerawanan sosial berdasarkan kondisi keaneka ragaman suku agama ras antar golongan dengan mempelajari modul (P3 bernalar kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 3 (P3 gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep peta kerawanan sosial berdasarkan kondisi keaneka ragaman suku agama ras antar golongan

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep peta kerawanan sosial berdasarkan kondisi keaneka ragaman suku agama ras antar golongan

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210 menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 19

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik tentang permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apa sajakah permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi yang kalian ketahui?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi dengan mempelajari modul (P3 bernalar kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 4

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi (P3 kreatif)

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi (P3 mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210 menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 20

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik tentang keseluruhan materi sebelumnya

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung pada hari ini

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apakah kalian bisa merancang solusi atas permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi yang berada di sekitar kalian?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang solusi atas permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi secara menyeluruh dengan mempelajari modul

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 5 ( P3 bergotong royong)

§ Peserta didik menganalisis pemecahan

§ masalah yang diberikan pada LKPD (P3 bernalar kritis)

Fase 3 Discovery

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Peserta didik menemukan konsep tentang solusi atas permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi melalui analisis data (P3 bernalar kritis)

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami solusi atas permasalahan sosial akibat kemajuan teknologi melalui analisis data (P3 mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

ASSESMENT

§ Penilaian pengetahuan: Tes Tulis Pilihan Ganda

§ Penilaian Performa: Membuat Laporan Diskusi dan Presentasi

§ Penilaian Sikap: Observasi

PENGAYAAN DAN REMIDIAL

Ketuntasan proses pembelajaran dapat ditunjukkan dengan pencapaian

kompetensi yang telah ditetapkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siswa yang belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan maka dapat dikatakan siswa tersebut belum mencapai ketuntasan. Pokok bahasan atau materi yang belum mencapai batas KKM harus dianalisis serta dilaksanakan program pendalaman materi dan selanjutnya diadakan program remedial atau perbaikan. Pada prinsipnya program remedial atau perbaikan dilaksanakan untuk menuntaskan tujuan pembelajaran yang belum dicapai siswa.

METODE

§ Menjelaskan kembali materi atau soal-soal yang dijawab salah

§ Mengerjakan soal-soal latihan

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

§ Mengumpulkan siswa yang remidi, untuk memperoleh tambahan pelajaran/pengayaan

§ Mengerjakan kembali materi yang belum dimengerti atau dijawab oleh siswa

§ Mempersiapkan soal-soal untuk siswa

§ Siswa diminta untuk mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan

§ Guru memeriksa hasil pekerjaan

§ Siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 melaksanakan tutor sebaya

§ Siswa yang memperoleh nilai < 60 dinyatakan belum kompeten dan diberi tugas atau soal-soal lebih lanjut

REFLEKSI PESERTA DIRI DAN GURU

§ Apa yang kamu peroleh dari pembelajaran?

§ Apa kesulitan yang kamu hadapi dalam mengerjakan LKPD?

§ Hal apa saja yang kamu lakukan untuk memudahkan belajar Keruangan dan Konektivitas antar Ruang dan Waktu?

§ Apa harapanmu?

 


 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

1.    RINGKASAN MATERI BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

        Lihat di blog ini

2.    LKPD

        Lihat di blog ini

3.    DAFTAR PUSTAKA

Budiyanto, Joko. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Fisika untuk Kelas XII SMA/MA Program Ilmu Pengetahuan. Pusat Perbukuan, Depertemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Foster, Bob. 2003. Terpadu Fisika SMU Jilid 2B Semester 2. Bandung: Erlangga.

Kanginan, Marthen. 2007. Fisika untuk SMA/MA kelas XII. Jakarta: Erlangga. Tim Penyusun. 2018. Fisika untuk SMA/MA kelas XII. Jakarta: Intan Pariwara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar