Mata Pelajaran: PROJEK IPAS
Kelas/Semester: X / Ganjil
Kompetensi Dasar:
- Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan interaksinya
- Menjelaskan peran manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan
A. Tujuan Pembelajaran
1. Mengidentifikasi komponen biotik dan
abiotik dalam ekosistem.
2. Menjelaskan bentuk interaksi antar makhluk hidup.
3. Menganalisis dampak perubahan lingkungan.
4. Memberikan solusi permasalahan lingkungan.
B. Petunjuk Pengerjaan
1. Bacalah soal dengan cermat.
2. Kerjakan sesuai perintah.
3. Gunakan bahasa yang jelas.
4. Waktu pengerjaan: 90 menit.
C. Materi Singkat
- Ekosistem: hubungan makhluk hidup dan
lingkungannya.
- Komponen biotik: produsen, konsumen, pengurai.
- Komponen abiotik: cahaya, air, udara, tanah, suhu.
- Interaksi: mutualisme, komensalisme, parasitisme, predasi, kompetisi.
- Keseimbangan ekosistem: terjaga jika interaksi seimbang.
D. Soal Latihan
1. Pilihan Ganda (10 Soal)
- Hubungan antara lebah dan bunga
merupakan simbiosis …
a. Parasitisme
b. Mutualisme
c. Komensalisme
d. Predasi - Contoh konsumen tingkat pertama
adalah …
a. Harimau
b. Kelinci
c. Elang
d. Ular - Komponen abiotik yang memengaruhi
pertumbuhan tumbuhan adalah …
a. Cahaya, suhu, air
b. Udara, serigala, tanah
c. Bakteri, jamur, suhu
d. Cahaya, ayam, tanah - Pemangsa alami hama disebut …
a. Predator
b. Parasit
c. Dekomposer
d. Konsumen primer - Hubungan antara ikan remora yang
menempel pada ikan hiu disebut …
a. Parasitisme
b. Komensalisme
c. Mutualisme
d. Predasi - Peran jamur dalam ekosistem adalah
sebagai …
a. Produsen
b. Konsumen
c. Pengurai
d. Predator - Contoh kegiatan manusia yang dapat
merusak keseimbangan ekosistem adalah …
a. Reboisasi
b. Daur ulang sampah
c. Pembakaran hutan
d. Konservasi satwa - Proses perpindahan energi dari
satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain disebut …
a. Fotosintesis
b. Rantai makanan
c. Siklus karbon
d. Dekomposisi - Hubungan antara burung jalak dan
kerbau merupakan …
a. Parasitisme
b. Mutualisme
c. Komensalisme
d. Kompetisi - Faktor yang tidak termasuk abiotik
adalah …
a. Air
b. Cahaya
c. Udara
d. Jamur
2. Isian Singkat (10 Soal)
1. Makhluk hidup yang dapat membuat
makanannya sendiri disebut __________.
2. Hubungan yang saling menguntungkan
disebut __________.
3. Dalam rantai makanan, konsumen tingkat
kedua memakan __________.
4. Anggrek yang menempel di pohon mangga
adalah simbiosis __________.
5. Organisme pengurai disebut juga
__________.
6. Tumbuhan memerlukan gas __________ untuk
fotosintesis.
7. Interaksi antara singa dan zebra adalah
__________.
8. Faktor non-hidup dalam ekosistem disebut
__________.
9. Hewan pemakan daging disebut __________.
10. Proses pembusukan sampah organik
dibantu oleh __________.
3. Uraian (10 Soal)
1. Jelaskan perbedaan produsen, konsumen,
dan pengurai!
2. Sebutkan contoh 3 interaksi yang
bersifat parasitisme!
3. Mengapa pupuk berlebihan dapat mencemari
lingkungan?
4. Bagaimana aliran energi terjadi dalam
rantai makanan?
5. Jelaskan pengaruh penebangan hutan
terhadap keseimbangan ekosistem!
6. Mengapa populasi predator penting dalam
ekosistem?
7. Apa dampak penggunaan pestisida pada
rantai makanan?
8. Sebutkan 3 contoh faktor abiotik yang
memengaruhi ekosistem!
9. Mengapa hutan disebut paru-paru dunia?
10. Jelaskan hubungan antara polusi udara
dan kesehatan makhluk hidup!
4. Analisis Gambar
Tugas:
1. Identifikasi produsen, konsumen tingkat pertama, kedua, dan predator puncak.
2. Jelaskan peran dekomposer dalam ekosistem laut.
3. Analisis dampak jika populasi ikan kecil menurun drastis.
5. Studi Kasus (3 Soal)
Kasus 1: Sebuah hutan hujan tropis
mengalami pembukaan lahan untuk perkebunan sawit.
Pertanyaan:
1. Sebutkan dampak terhadap komponen biotik dan abiotik!
2. Bagaimana perubahan ini memengaruhi rantai makanan?
3. Berikan solusi untuk meminimalkan dampak negatifnya.
Kasus 2: Sebuah danau tercemar limbah
deterjen sehingga terjadi ledakan populasi alga.
Pertanyaan:
1. Jelaskan proses eutrofikasi!
2. Bagaimana pengaruhnya terhadap ikan?
3. Usulkan cara mengatasi masalah ini.
Kasus 3: Terjadi perburuan liar terhadap
burung pemakan serangga di daerah pertanian.
Pertanyaan:
1. Bagaimana dampaknya pada populasi hama?
2. Apa efek jangka panjangnya terhadap produksi pertanian?
3. Sebutkan upaya yang dapat dilakukan untuk mengendalikan hama tanpa merusak
ekosistem.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar