Jumat, 06 Juni 2025

LEMBAR OBSERVASI 3 - ENERGI DAN PERUBAHANNYA

 

Tema

Energi alternatif sebagai solusi untuk mengurangi pencemaran lingkungan

Kelas/Semester

x/ganjil

Tujuan

Peserta didik dapat menghitung energi yang dihasilkan dari perubahan materi melalui analisa data

Nama Observer :

1. ……………………………………………………..

2. ……………………………………………………..

3. ……………………………………………………..

 

BENTUK ENERGI DAN PERUBAHANNYA

a. Pengantar

Matahari merupakan salah satu dari sumber energi. Bumi tanpa matahari pasti tidak akan dapat kita huni bersama. Dengan adanya matahari, tumbuhan bisa berfotosintesis dan memberikan oksigen untuk dihirup, dengan adanya matahari jemuran dirumah bisa kering, dengan adanya matahari siklus angin dapat bekerja dengan baik, dengan adanya matahari suhu di bumi sangat stabil serta banyak lagi manfaatnya.

Saat ini PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) atau panel surya sudah berkembang sangat pesat. Di mana cahaya matahari yang diterima oleh panel surya sudah dapat disimpan pada baterai sehigga dapat disimpan dan digunakan pada saat dibutuhkan.



Di Indoensia, seluruh energi listrik disuplai oleh perusahaan listrik Negara (PLN). Jadi untuk perkembangan panel surya hanya digunakan oleh pribadi. Sedangkan dinegara-negara maju, sudah menggunakan teknologi PLTS untuk merambah ke dunia otomotif, di mana dibuatnya mobil-mobil dengan energi matahari dan danau buatan untuk menampung panel surya yang bertugas sebagai energi listrik di wilayah tersebut.

Selain pada dunia otomotif, dari dunia teknologi gadget dan elektronik juga sudah mengembangkan teknologi panel surya ini. banyak sekali produk-produk yang memakai panel surya sebagai sumber dayanya. Misalnya smartphone, powerbank, dan lain-lain. Perkembangan-perkembangan terus dilakukan demi mencapai kesejahteraan masyarakat dunia agar tidak lagi menggunakan bahan bakar fosil yang tidak ramah lingkungan serta terbatas.

Energi di alam ini banyak sekali. Berdasarkan hukum kekekalan energi, menyatakan bahwa jumlah energi dari sebuah sistem tertutup itu tidak berubah. Energi akan tetap sama. Energi tersebut tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan oleh manusia. Namun energi dapat berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lain.

Nah, bagaimana perubahan energi yang terjadi pada beberapa sistem di alam? Apakah pada setiap benda memiliki energi? Apakah setiap bentuk energi dapat berubah ke bentuk energi lain dalam sistem yang berbeda? Bagaimanakah perpindahan energi yang terjadi? Persoalan akan kita analisis bersama.

b. Tujuan Kegiatan

1) Mengetahui pengaruh suhu terhadap energi yang tersimpan

2) Mengetahui pengaruh jenis benda terhadap energi yang tersimpan

3) Mengetahui perubahan energi yang terjadi pada beberapa sistem energi

c. Alat/Bahan

Aplikasi Phet Interactive Simulation

d. Prosedur

Kegiatan 1

1)    Bukalah aplikasi Phet Interactive Simulation pada komputer,

2)    Klik menu “Play with Simulations”, kemudian pilih sub menu “Fisika” > “Kerja, Energi & Daya”.

3)    Lalu pilihlah simulasi “Bentuk Energi dan Perubahnnya”,

4)    Klik tombol “Play” pada tampilan simulasi “Bentuk Energi dan Perubahnnya”, untuk memulai menjalankan program,

5)    Pilih Intro (pengantar), sehingga muncul tampilan sebagai berikut:

6)    Beri tanda centang (√) pada box Energy Symbols,

7)    Pindahkan kubus “iron/besi” di atas tungku kemudian pindahkan termometer di dekat kubus tersebut.

8)    Catatlah jumlah E awal sebelum dipanaskan.

9)    Ubahlah suhu air dengan memindahkan heat controller (pengatur suhu) ke bagian heat (panas).

10) Amati kenaikan suhu pada termometer. Kemudian catatlah jumlah Energi E yang timbul.

11) Kembalikan heat controller pada posisi normal, amati jumlah energi yang masih berada pada kubus “iron”.

12) Ulangi percobaan tersebut dengan mengganti kubus iron dengan bata (brick) dan air.

 

Kegiatan 2

1.  Pilih Energy Systems (sistem Energi) pada bagian atas tampilan!

2. Beri tanda centang (√) pada box Energy Symbols,

3.  Pilihlah salah satu sumber energi dengan mengklik gambar “kran”, kemudian buka kran air sehingga air keluar dari kran sehingga air menggerakkan turbin.

4.  Amati perubahan energi yang terjadi dari sumber energi (air yang mengalir) sampai ke tabung berisi air

5.  Catat hasil pengamatan tersebut ke dalam tabel!

6.  Ubahlah sumber energi dan catat kembali perubahan energi pada masing-masing perangkat!

7.  Catat hasil pengamatan ke dalam tabel!

 

Tabulasi Data Hasil Pengamatan

Tabel 1 Pengaruh perubahan suhu terhadap jumlah energi E pada benda

No

Heat Controller

Waktu (sekon)

Jenis Benda

Iron

Brick

Water

1

Heat (Panas)

0

 

 

 

20

 

 

 

40

 

 

 

60

 

 

 

2

Cool (Dingin)

0

 

 

 

20

 

 

 

40

 

 

 

60

 

 

 

 

Tabel 2 Perubahan energi pada sistem

No

Sistem I

Sistem II

Sistem III

Perubahan energi yang terjadi

1

Air mengalir

Turbin

Air

 

2

Sinar matahari

Turbin

Air

 

3

Teko dipanaskan

Turbin

Air

 

4

Anak main sepeda

Turbin

Air

 

5

 

Panel surya

 

 

6

 

Panel surya

 

 

7

 

Panel surya

 

 

8

 

Panel surya

 

 

 

e. Diskusi

1.  Perhatikan gambar (water, iron, brick) yang tampak pada bagian intro. Pada saat benda belum diberi perlakuan, apakah benda sudah memiliki energi? Bagaimanakah jumlah energi pada masing-masing benda?

2.  Berdasarkan data pada tabel I, Bagaimanakah yang terjadi pada termometer saat alat pemanas diubah dari cool, normal, ke heat?

3.  Apakah yang terjadi pada jumlah energi yang tersimpan pada saat suhu yang ditunjukkan termometer semakin tinggi?

4.  Apakah perbedaan jenis benda berpengaruh terhadap besarnya energi yang tersimpan pada benda setelah dipanaskan?

5.  Berdasarkan tabel 1, buatlah grafik hubungan antara waktu dan jumlah energi yang tersimpan dalam benda pada jenis benda pertama, kedua dan ketiga!

Gunakan data pada tabel 2

1.  Apakah fungsi sistem I?

2.  Apakah fungsi sistem II?

3.  Apakah fungsi sistem III?

4.  Apakah saat ketiga sistem tersebut dihubungkan pasti akan terjadi perubahan energi? Jelaskan!

5.  Perubahan energi apa sajakah yang dapat terjadi dalam sistem tersebut?

f. Kesimpulan

Berdasarkan seluruh kegiatan, buatlah simpulan apa saja yang sesuai dengan tujuan kegiatan ini!



Baca Juga

Materi Energi dan Perubahan

Lembar Observasi 1 - Energi dan Perubahan
Lembar Observasi 2 - Energi dan Perubahan

Lembar Observasi 4 - Energi dan Perubahan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar