MODUL AJAR - PERILAKU EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN

 

MODUL AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)

PERILAKU EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN

 

INFORMASI UMUM

 

1.    IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun            :    Fitrotun Laelah

Nama Sekolah              :    SMK Perguruan “Cikini”

Mata Pelajaran             :    Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Tahun Penyusunan       :    2025 / 2026

Alokasi Waktu              :    1620 menit (6 pertemuan @6x45’)

Elemen                          :    Menerjemahkan data dan bukti-bukti secara ilmiah

Capaian Pembelajaran :    Peserta didik merencanakan dan melaksanakan aksi sebagai tindak lanjut, mengkomunikasikan proses dan hasil pembelajarannya, melakukan refleksi diri terhadap tahapan kegiatan yang dilakukan.

 

2.    KOMPETENSI AWAL

Peserta Didik telah memiliki pengetahuan awal tentang Perilaku

Ekonomi dan Kesejahteraan.

 

3.    PROFIL PELAJAR PANCASILA

Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:

Peserta didik akan mengembangkan kemampuan beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, bernalar kritis, mandiri, kreatif, dan bergotong royong dalam menyelesaikan masalah.

 

4.    SARANA & PRASARANA

Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:

§  Laptop/ Handphone

§  Internet

§  LKPD

§  Alat tulis

 

5.    TARGET PESERTA DIDIK

§  Peserta didik reguler/tipikal: 75%

§  Peserta didik dengan kesulitan belajar: 15%

§  Peserta didik dengan pencapaian tinggi: 10%

 

6.    MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN

Discovery Learning secara tatap muka dan daring

KOMPETENSI INTI

 

1.    TUJUAN PEMBELAJARAN

§  Peserta didik menganalisis faktor-faktor penyebab kelangkaan, permintaan dan penawaran melalui observasi studi lapangan (pertemuan 27)

§  Peserta didik mengidentifikasi proses terbentuknya harga pasar melalui studi literasi (pertemuan 28)

§  Peserta didik menelaah faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi melalui studi literasi (pertemuan 29)

§  Peserta didik mengidentifikasi peran lembaga keuangan melalui pengamatan langsung (pertemuan 30)

§  Peserta didik dapat menganalisis pengelolaan keuangan keluarga melalui pengamatan langsung (pertemuan 31)

§  Peserta didik dapat menelaah literasi finansial melalui pengalaman langsung terjun di masyarakat sekitar lingkungannya (pertemuan 32)

 

2.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan dapat memahami bahwasannya manusia harus melakukan kegiatan ekonomi untuk bertahan hidup.

 

3.    PERTANYAAN PEMANTIK

§  Apa yang Anda ketahui tentang kegaiatan ekonomi?

§  Apa saja contoh kegiatan ekonomi yang Anda ketahui?

§  Bagaimana konsep proses terbentuknya harga pasar yang Anda ketahui?

§  Apa yang Anda ketahui tentang inflasi?

§  Apa yang Anda ketahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi?

§  Apa yang Anda ketahui tentang lembaga keuangan?

§  Apa yang Anda ketahui tentang peran lembaga keuangan dalam perekonomian?

§  Apakah yang anda ketahui tentang pengolahan keuangan keluarga?

§  Apakah yang anda ketahui tentang literasi finansial?

 

4.    PERSIAPAN PEMBELAJARAN

§  Guru membuat presentasi tentang Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan

§  Guru membuat link room di Google Meet

 

5.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 27

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi Kagiatan Ekonomi Masyarakat

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apa yang Anda ketahui tentang kegaiatan ekonomi?

-      Apa saja contoh kegiatan ekonomi yang Anda ketahui?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang Permintaan, Penawaran, dan Faktor Kelangkaan dengan mempelajari modul (P3 Bernalar Kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 1 (P3 Gotong Royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep Permintaan, Penawaran, dan Faktor Kelangkaan

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep Permintaan, Penawaran, dan Faktor Kelangkaan (P3 Mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi.

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 28

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi Proses Terbentuknya Harga Pasar

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase : Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Bagaimana konsep Proses Terbentuknya Harga Pasar yang Anda ketahui?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep Proses Terbentuknya Harga Pasar dengan mempelajari modul (P3 Bernalar Kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 2 (P3 Gotong Royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep Proses Terbentuknya Harga Pasar

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep Proses Terbentuknya Harga Pasar (P3 Mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210 menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi.

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 29

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inflasi

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apa yang Anda ketahui tentang inflasi?

-      Apa yang Anda ketahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi inflasi?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inflasi dengan mempelajari modul (P3 Bernalar Kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 3 (P3 Gotong Royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inflasi

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Inflasi (P3 Mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi.

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 30

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi Peran Lembaga Keuangan

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apa yang Anda ketahui tentang lembaga keuangan?

-      Apa yang Anda ketahui tentang peran lembaga keuangan dalam perekonomian?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali Peran Lembaga Keuangan dalam Perekonomian dengan mempelajari modul (P3 Bernalar Kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 4 (P3 Gotong Royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan Peran Lembaga Keuangan dalam Perekonomian

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami Peran Lembaga Keuangan dalam Perekonomian (P3

§ Mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi.

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 31

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi Pengolahan Keuangan Keluarga

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apakah yang anda ketahui tentang pengolahan keuangan keluarga?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali Pengolahan Keuangan Keluarga dengan mempelajari modul (P3 Bernalar Kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 5 (P3 Gotong Royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan Pengolahan Keuangan Keluarga

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami Pengolahan Keuangan Keluarga (P3 Mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi.

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 32

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi Literasi Finansial

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apakah yang anda ketahui tentang Literasi Finansial?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali materi Literasi Finansial dengan mempelajari modul (P3 Bernalar Kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 6 (P3 Gotong Royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep Literasi Finansial

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami Literasi Finansial (P3 Mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi.

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

ASSESMENT

§ Penilaian pengetahuan: tes tulis pilihan ganda

§ Penilaian Performa: membuat laporan diskusi dan presentasi

§ Penilaian Sikap: observasi

PENGAYAAN DAN REMIDIAL

Ketuntasan proses pembelajaran dapat ditunjukkan dengan pencapaian

kompetensi yang telah ditetapkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siswa yang belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan maka dapat dikatakan siswa tersebut belum mencapai ketuntasan. Pokok bahasan atau materi yang belum mencapai batas KKM harus dianalisis serta dilaksanakan program pendalaman materi dan selanjutnya diadakan program remedial atau perbaikan. Pada prinsipnya program remedial atau perbaikan dilaksanakan untuk menuntaskan tujuan pembelajaran yang belum dicapai siswa.

METODE

§ Menjelaskan kembali materi atau soal-soal yang dijawab salah

§ Mengerjakan soal-soal latihan

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

§ Mengumpulkan siswa yang remidi, untuk memperoleh tambahan pelajaran/pengayaan

§ Mengerjakan kembali materi yang belum dimengerti atau dijawab oleh siswa

§ Mempersiapkan soal-soal untuk siswa

§ Siswa diminta untuk mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan

§ Guru memeriksa hasil pekerjaan

§ Siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 melaksanakan tutor sebaya

§ Siswa yang memperoleh nilai < 60 dinyatakan belum kompeten dan diberi tugas atau soal-soal lebih lanjut

REFLEKSI PESERTA DIRI DAN GURU

§ Apa yang kamu peroleh dari pembelajaran?

§ Apa kesulitan yang kamu hadapi dalam mengerjakan LKPD?

§ Hal apa saja yang kamu lakukan untuk memudahkan belajar Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan?

§ Apa harapanmu?

 

 


 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

1.    RINGKASAN MATERI BAHAN BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK

        Cek di halaman lainnya di blog ini

2.    LKPD

        Cek di halaman lainnya di blog ini

3.    DAFTAR PUSTAKA

Pengertian Permintaan, Penawaran, Dan Keseimbangan Serta Faktor Pendukungnya - Gramedia Literasi

12 Faktor Penyebab Kelangkaan Dalam Ekonomi - DosenEkonomi.com Penetapan Harga Berbasis Pasar: Jenis, Faktor Pertimbangan, Pro, Kontra Cerdasco.

4 Peran Lembaga Keuangan dan Jenisnya - DosenEkonomi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar