MODUL AJAR - INTERAKSI, KOMUNIKASI, SOSIALISASI, INSTITUSI SOSIAL DAN DINAMIKA SOSIAL

 

MODUL AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)

INTERAKSI, KOMUNIKASI, SOSIALISASI, INSTITUSI SOSIAL,

DAN DINAMIKA SOSIAL

 

INFORMASI UMUM

 

1.    IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun            :    Fitrotun Laelah

Nama Sekolah              :    SMK Perguruan “Cikini”

Mata Pelajaran             :    Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Tahun Penyusunan       :    2025 / 2026

Alokasi Waktu              :    1620 menit (6 pertemuan @6x45’)

Elemen                          :    Menjelaskan fenomena secara ilmiah

Capaian Pembelajaran :    Peserta didik diharapkan dapat memahami pengetahuan ilmiah dan menerapkannya; atau membuat prediksi sederhana disertai dengan pembuktiannya.

 

2.    KOMPETENSI AWAL

Peserta didik telah memiliki pengetahuan awal tentang memahami pengertian jati diri

 

3.    PROFIL PELAJAR PANCASILA

Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:

Peserta didik akan mengembangkan kemampuan bernalar kritis dan mandiri dalam menyelesaikan masalah

 

4.    SARANA & PRASARANA

Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:

§  Laptop/ Handphone

§  Internet

§  LKPD

§  Alat tulis

 

5.    TARGET PESERTA DIDIK

§  Peserta didik reguler/tipikal: 75%

§  Peserta didik dengan kesulitan belajar: 15%

§  Peserta didik dengan pencapaian tinggi: 10%

 

6.    MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN

Discovery Learning secara tatap muka dan daring


 

KOMPETENSI INTI

 

1.    TUJUAN PEMBELAJARAN

§  Peserta didik mengemukakan jatidiri melalui refleksi individu dengan menggunakan kata-katanya sendiri. (Pertemuan 21)

§  Peserta didik dapat mengidentifikasi peran diri di lingkungan sekitar melalui refleksi diri. (Pertemuan 22)

§  Peserta didik dapat menerapkan kedudukan dan peran diri sebagai warga negara Indonesia dan bagian dari warga dunia melalui simulasi. (Pertemuan 23)

§  Peserta didik menganalisis interaksi individu dengan kelompok di lingkungan institusi sosial melalui pengamatan. (Pertemuan 24)

§  Peserta didik mengidentifikasi dinamika/problematika sosial melalui pengamatan lingkungan. (Pertemuan 25)

§  Peserta didik menganalisis faktor penyebab dan solusi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui studi literasi. (Pertemuan 26)

 

2.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan dapat mengetahui faktor penyebab dan solusi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan bagi kemaslahatan manusia dan bumi.

 

3.    PERTANYAAN PEMANTIK

§  Apakah kamu mengetahui jati dirimu?

§  Apa yang kamu rasakan atau kamu dapatkan dari hasil pengamatan tentang identifikasi identitas diri yang ada dalam modul ajar?

§  Apa harapanmu saat kamu mempelajari pengenalan jati diri dalam pembelajaran ini?

§  Bagaimana mengidentifikasi peran diri di lingkungan sekitar?

§  Bagaimana penerapan kedudukan dan peran diri sebagai warga negara Indonesia?

§  Bagaimana interaksi individu dengan kelompok di lingkungan institusi sosial?

§  Apakah kamu mengetahui dinamika/problematika sosial?

§  Bagaimana mengidentifikasi faktor penyebab dan solusi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan?

 

4.    PERSIAPAN PEMBELAJARAN

§  Guru membuat presentasi tentang interaksi, komunikasi, sosialisasi, institusi sosial, dan dinamika sosial.

§  Guru memberikan contoh masalah yang terjadi mengenai faktor-faktor penyebab dan solusinya untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan bagi kemslahatan manusia dan bumi.

 

5.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 21

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan mengirimkan link daftar hadir

§ Peserta didik melakukan assesment diagnostik kognitif dan non kognitif

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi jati diri peserta didik

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan pada Google Classroom yaitu:

-      Apakah kamu mengetahui jati dirimu?

-      Apa yang kamu rasakan atau kamu dapatkan dari hasil pengamatan tentang identifikasi identitas diri yang ada dalam modul ajar?

-      Apa harapanmu saat kamu mempelajari pengenalan jati diri dalam pembelajaran ini?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang mengemukakan jatidiri melalui refleksi individu dengan menggunakan kata- katanya sendiri (P3 bernalar kritis)

 

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 1 (yang telah diupload guru dalam Google Classroom) (P3 Gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep jati diri melalui pertanyaan di Google Classroom

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami jati diri di Google Classroom (P3 Mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 22

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman danbertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan mengirimkan link daftar hadir

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik tentang peran diri di lingkungan sekitar melalui refleksi diri

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan pada Google Classroom yaitu:

-      Bagaimana mengidentifikasi peran diri di lingkungan sekitar?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang mengidentifikasi peran diri di lingkungan sekitar dengan mempelajari modul yang sudah diupload guru di Google Classroom (P3 bernalar kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 2 (yang telah diupload guru dalam Google Classroom) (P3 Gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat memahami tentang identifikasi peran diri di lingkungan sekitar melalui pertanyaan di Google Classroom

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami identifikasi peran diri         di lingkungan sekitar di Google Classroom (P3 mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 23

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik denganmengirimkan link daftar hadir

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggalipengetahuan awal peserta didik tentang menerapkan kedudukan dan peran diri sebagai warga negara Indonesia dan bagian dari warga dunia melalui simulasi

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan pada Google Classroom yaitu:

-      Bagaimana cara menerapan kedudukan dan peran diri sebagai warga negara Indonesia?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali materi tentang penerapan kedudukan dan peran diri sebagai warga negara Indonesia dengan mempelajari modul yang sudah diupload guru di Google Classroom (P3 bernalar kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompokakan berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 3 (yang telah diupload guru dalam Google Classroom) (P3 gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat memahami konsep penerapan kedudukan dan peran diri sebagai warga negara Indonesia melalui pertanyaan di Google Classroom

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami materi

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi.

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 24

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan mengirimkan link daftar hadir

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik tentang interaksi individu dengan kelompok di lingkungan institusi sosial

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaatmempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15 menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan pada Google Classroom yaitu:

-      Bagaimana interaksi individu dengan kelompok di lingkungan institusi sosial?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang interaksi individu dengan kelompok di lingkungan institusi sosial dengan mempelajari modul yang sudah diupload guru di Google Classroom (P3 bernalar kritis)

 

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 4 (yang telah diupload guru dalam Google Classroom) (P3 gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat memahami konsep interaksi individu dengan kelompok di lingkungan institusi sosial melalui pertanyaan di Google Classroom

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami materi

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta

didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal- hal yang belum dipahami melalui forum

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang interaksi individu dengan kelompok di lingkungan institusi sosial

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi

§ Guru memberikan motivasi

§ Guru menutup dengan memberikan salam

45 menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 25

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan mengirimkan link daftar hadir

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik mengenai dinamika/problematika sosial

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15 menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan pada Google Classroom yaitu:

-      Apakah kamu mengetahui dinamika /problematika sosial?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang dinamika /problematika sosial di lingkungan sekitar dengan mempelajari modul yang sudah diupload guru di Google Classroom (P3 bernalar kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 5 (yang telah diupload guru dalam Google Classroom) (P3 gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat memahami konsep dinamika

§ /problematika sosial di lingkungan sekitar melalui pertanyaan di Google Classroom

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami materi

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta

didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal- hal yang belum dipahami melalui forum

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang dinamika/problematika sosial dengan kelompok

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi

§ Guru memberikan motivasi

§ Guru menutup dengan memberikan salam

45 menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 26

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan mengirimkan link daftar hadir

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik tentang faktor penyebab dan solusi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15 menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan pada Google Classroom yaitu:

-      Bagaimana mengidentifikasi faktor pe-nyebab dan solusi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang menganalisis faktor penyebab dan solusi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan mempelajari modul yang sudah diupload guru di Google Classroom (P3 bernalar kritis)

 

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 6 (yang telah diupload guru dalam Google Classroom) (P3 gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat memahami konsep menganalisis faktor penyebab dan solusi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui pertanyaan di Google Classroom

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami materi

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal- hal yang belum dipahami melalui forum

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang faktor penyebab dan solusi untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi

§ Guru memberikan motivasi

§ Guru menutup dengan memberikan salam

45 menit

ASSESMENT

§ Penilaian pengetahuan: Tes Tulis pilihan ganda

§ Penilaian Performa: Membuat laporan diskusi dan presentasi

§ Penilaian Sikap: Observasi

PENGAYAAN DAN REMIDIAL

Ketuntasan proses pembelajaran dapat ditunjukkan dengan pencapaian

kompetensi yang telah ditetapkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siswa yang belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan maka dapat dikatakan siswa tersebut belum mencapai ketuntasan. Pokok bahasan atau materi yang belum mencapai batas KKM harus dianalisis serta dilaksanakan program pendalaman materi dan selanjutnya diadakan program remedial atau perbaikan. Pada prinsipnya program remedial atau perbaikan dilaksanakan untuk menuntaskan tujuan pembelajaran yang belum dicapai siswa.

METODE

§ Menjelaskan kembali materi atau soal-soal yang dijawab salah

§ Mengerjakan soal-soal latihan

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

§ Mengumpulkan siswa yang remidi, untuk memperoleh tambahan pelajaran/pengayaan

§ Mengerjakan kembali materi yang belum dimengerti atau dijawab oleh siswa

§ Mempersiapkan soal-soal untuk siswa

§ Siswa diminta untuk mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan

§ Guru memeriksa hasil pekerjaan

§ Siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 melaksanakan tutor sebaya

§ Siswa yang memperoleh nilai < 60 dinyatakan belum kompeten dan diberi tugas atau soal-soal lebih lanjut

REFLEKSI PESERTA DIRI DAN GURU

§ Apa yang kamu peroleh dari pembelajaran?

§ Apa kesulitan yang peserta didik hadapi dalam mengerjakan tugas?

§ Apakah kesulitan peserta didik dapat diatasi?

§ Hal apa saja yang peserta didik lakukan untuk memudahkan belajar interaksi, komunikasi, sosialisasi, institusi sosial, dan dinamika sosial?

§ Apa strategi yang harus dipilih supaya peserta didik dapat menuntaskan kompetensi?

 


 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

1.  RINGKASAN MATERI PEGANGAN GURU DAN MURID

        Silahkan cek di blog ini

2.  LKPD

        Silahkan cek di blog ini

3.  DAFTAR PUSTAKA

Baker, P.J., Louis E.A, Dean S.D (1993). Social Problems: A Critical Thinking Approach.               

California, USA: Wadsworth Publishing Company.

Poloma, M.M. (1987). Sosiologi Kontemporer. (Terjemahan). Jakarta: Rajawali Press.

Ritzer, G. (1992). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. (Saduran: Alimandan). Jakarta: Rajawali Press.

Rubington, E. dan Wainberg, M.S. (1995). The Study of Social Problems, Seven Perspective. New York. USA: Oxford University Press.

Sullivan, T. dan Thomson, K.S. (1988). Introduction to Social Problems, New York, USA:                    Macmillan Publishing Company.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar