MODUL AJAR - ENERGI DAN PERUBAHANNYA

 

MODUL AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)

ENERGI DAN PERUBAHANNYA

 

INFORMASI UMUM

 

1.    IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun            :    Fitrotun Laelah

Nama Sekolah              :    SMK Perguruan “Cikini”

Mata Pelajaran             :    Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Tahun Penyusunan       :    2025 / 2026

Alokasi Waktu              :    1080 menit (4 pertemuan @6x45’)

Elemen                          :    Mendesain dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah

Capaian Pembelajaran :    Peserta didik dapat menentukan dan mengikuti prosedur yang tepat untuk melakukan penyelidikan ilmiah, menjelaskan cara penyelidikan yang tepat bagi suatu pertanyaan ilmiah, serta diharapkan dapat mengidentifikasi kekurangan atau kesalahan pada desain percobaan ilmiah.

 

2.    KOMPETENSI AWAL

Peserta Didik telah memiliki pengetahuan awal tentang mendefinisikan sumber-sumber energi terbarukan dan energi tak terbarukan.

 

3.    PROFIL PELAJAR PANCASILA

Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:

Peserta didik akan mengembangkan kemampuan beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, bernalar kritis, mandiri, dan bergotong royong dalam menyelesaikan masalah.

 

4.    SARANA & PRASARANA

Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:

§  Laptop/ Handphone

§  Internet

§  LKPD

§  Alat tulis

 

5.    TARGET PESERTA DIDIK

§  Peserta didik reguler/tipikal: 75%

§  Peserta didik dengan kesulitan belajar: 15%

§  Peserta didik dengan pencapaian tinggi: 10%

 

6.    MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN

Discovery Learning secara tatap muka dan daring

KOMPETENSI INTI

 

1.    TUJUAN PEMBELAJARAN

§  Peserta didik mampu mengidentifikasi macam-macam energi alternatif yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari melalui observasi. (Pertemuan 8)

§  Peserta didik mampu mempresentasikan ide/gagasan tentang energi alternatif sebagai solusi untuk mengurangi pencemaran lingkungan dengan menggunakan kata-katanya sendiri. (Pertemuan 9)

§  Peserta didik dapat menghitung energi yang dihasilkan dari perubahan materi melalui analisa data. (Pertemuan 10)

§  Peserta didik dapat menganalisis pengaruh perubahan kalor pada kehidupan melalui observasi. (Pertemuan 11)

 

2.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan dapat memahami bahwasannya alam semesta menyediakan berbagai sumber energi untuk kehidupan manusia, setiap manusia harus arif dan bijaksana dalam pemanfaatan energi tersebut supaya energi tetap terjaga lestari serta pemanfaatan energi alternatif untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

 

3.    PERTANYAAN PEMANTIK

§  Apakah Anda mengetahui tentang energi alternatif?

§  Bagaimana cara memanfaatkannya?

§  Bagaimana pemanfaatan energi alternatif sebagai solusi untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang Anda ketahui?

§  Bagaimana energi yang dihasilkan dari perubahan materi?

§  Bagaimana perubahan kalor dalam kehidupan sehari-hari?

§  Apakah yang anda ketahui tentang energi terbarukan?

 

4.    PERSIAPAN PEMBELAJARAN

§  Guru membuat presentasi tentang energi dan perubahannya

§  Guru membuat link room di Google Meet

 

5.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

 

PERTEMUAN 8

 

 

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

 

 

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi energi dan perubahannya

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15 menit

 

 

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apakah Anda mengetahui tentang energi alternatif?

-      Bagaimana cara memanfaatkannya?

E = (Eksplorasi Konsep )

§ Peserta didik menggali konsep tentang sumber energi alternatif yang berguna dalam kehidupan sehari-hari dengan mempelajari modul (P3 bernalar kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 1 (P3 Gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep energi alternatif yang bermanfaat

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep energi alternatif yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari (P3 Mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210 menit

 

 

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

 

PERTEMUAN 9

 

 

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

 

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan membacakan daftar hadir

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi energi alternatif sebagai solusi untuk mengurangi pencemaran lingkungan

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

 

Kegiatan Inti

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 2 (P3 Gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep energi alternatif sebagai solusi untuk mengurangi pencemaran lingkungan

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep energi alternatif sebagai solusi untuk mengurangi pencemaran lingkungan (P3 mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ 2. Peserta didik bisa bertanya jika ada

§ kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

PERTEMUAN 10

 

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

 

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan membacakan daftar hadir

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait energi yang dihasilkan dari perubahan materi

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

 

Kegiatan Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Bagaimana energi yang dihasilkan dari perubahan materi?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang energi yang dihasilkan dari perubahan materi dengan mempelajari modul (P3 bernalar kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 3 (P3 gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep energi yang dihasilkan dari perubahan materi

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep energi yang dihasilkan dari perubahan materi

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

210 menit

 

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

PERTEMUAN 11

 

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

 

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik tentang perubahan kalor

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

 

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Bagaimana perubahan kalor dalam kehidupan sehari-hari?

-      Apakah yang anda ketahui tentang energi terbarukan?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang perubahan kalor dengan mempelajari modul (P3 bernalar kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 4 dan LKPD 5 (P3 bergotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep perubahan kalor serta energi terbarukan dan manfaatnya (P3

§ kreatif)

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami perubahan kalor (P3 mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

 

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

 

ASSESMENT

 

§ Penilaian pengetahuan: tes tulis pilihan ganda

§ Penilaian Performa: membuat laporan diskusi dan presentasi

§ Penilaian Sikap: observasi

 

PENGAYAAN DAN REMIDIAL

 

Ketuntasan proses pembelajaran dapat ditunjukkan dengan pencapaian

kompetensi yang telah ditetapkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan

Minimal (KKM). Siswa yang belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan maka dapat dikatakan siswa tersebut belum mencapai ketuntasan. Pokok bahasan atau materi yang belum mencapai batas KKM harus dianalisis serta dilaksanakan program pendalaman materi dan selanjutnya diadakan program remedial atau perbaikan. Pada prinsipnya program remedial atau perbaikan dilaksanakan untuk menuntaskan tujuan pembelajaran yang belum dicapai siswa.

 

METODE

 

§ Menjelaskan kembali materi atau soal-soal yang dijawab salah

§ Mengerjakan soal-soal latihan

 

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

§ Mengumpulkan siswa yang remidi, untuk memperoleh tambahan pelajaran/pengayaan

§ Mengerjakan kembali materi yang belum dimengerti atau dijawab oleh siswa

§ Mempersiapkan soal-soal untuk siswa

§ Siswa diminta untuk mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan

§ Guru memeriksa hasil pekerjaan

§ Siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 melaksanakan tutor sebaya

§ Siswa yang memperoleh nilai < 60 dinyatakan belum kompeten dan diberi tugas atau soal-soal lebih lanjut

 

REFLEKSI PESERTA DIRI DAN GURU

 

§ Apa yang kamu peroleh dari pembelajaran?

§ Apa kesulitan yang kamu hadapi dalam mengerjakan LKPD?

§ Hal apa saja yang kamu lakukan untuk memudahkan belajar energi dan Perubahannya?

§ Apa harapanmu?

 

 


 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

1.    Ringkasan Materi Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik

        Cek di halaman lainnya atau label di blog ini

2.    LKPD atau Lembar Observasi

        Cek di halaman lainnya atau label di blog ini

3.    Daftar Pustaka

Achdiansyah, Yan Muhammad. 2017. Energi Terbarukan dan Dampaknya Terhadap Lingkungan.

Diakses 23 Juli 2021 https://icare- indonesia.org/energi-terbarukan-dan-dampaknya-terhadap- 

lingkungan

Andri, 2014. Macam-macam sumber energi terbarukan dan tak terbarukan. Diakses 23 Juli 2021

https://benergi.com/macam-macam-sumber- energi-terbarukan-dan-tak-terbarukan

Budiyanto Joko. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Fisika untuk Kelas XII SMA/MA Program Ilmu 

Pengetahuan. Pusat Perbukuan, Depertemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Foster Bob. 2003. Terpadu Fisika SMU Jilid 2B Semester 2. Bandung: Erlangga.

Kanginan, Marthen. 2007. Fisika untuk SMA/MA kelas XII. Jakarta: Erlangga.

Tim Penyusun. 2018. Fisika untuk SMA/MA kelas XII. Jakarta: Intan Pariwara.

http://www.greenpeace.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar