MODUL AJAR - BUMI DAN ANTARIKSA

 

MODUL AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)

BUMI DAN ANTARIKSA

 

INFORMASI UMUM

 

1.    IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun            :    Fitrotun Laelah

Nama Sekolah              :    SMK Perguruan “Cikini”

Mata Pelajaran             :    Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Tahun Penyusunan       :    2025 / 2026

Alokasi Waktu             :    1080 menit (4 pertemuan @6x45)

Elemen                         :    Menerjemahkan data dan bukti-bukti secara ilmiah

Capaian Pembelajaran :    Peserta didik dapat menerjemahkan data dan bukti dari berbagai sumber untuk membangun sebuah argumen serta dapat mempertahankannya dengan penjelasan ilmiah. Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi kesimpulan yang benar diambil dari tabel hasil, grafik, atau sumber data lain.

 

2.    KOMPETENSI AWAL

Peserta Didik telah memiliki pengetahuan awal tentang perubahan iklim dan struktur lapisan bumi serta planetarium

 

3.    PROFIL PELAJAR PANCASILA

Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:

Peserta didik akan mengembangkan kemampuan Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, bernalar kritis, mandiri, dan bergotong royong dalam menyelesaikan masalah

 

4.    SARANA & PRASARANA

Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:

§  Laptop/ Handphone

§  Internet

§  LKPD

§  Alat tulis

 

5.    TARGET PESERTA DIDIK

§  Peserta didik reguler/tipikal: 75%

§  Peserta didik dengan kesulitan belajar: 15%

§  Peserta didik dengan pencapaian tinggi: 10%

 

6.    MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN

Discovery Learning secara tatap muka dan daring

KOMPETENSI INTI

 

1.    TUJUAN PEMBELAJARAN

§  Peserta didik dapat menganalisis materi gravitasi bumi menggunakan Hukum Newton melalui observasi. (Pertemuan 12)

§  Peserta didik dapat menganalisis dinamika litosfer dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari secara mandiri sesuai pemahamannya. (Pertemuan 13)

§  Peserta didik dapat mengidentifikasi dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan secara mandiri menggunakan kata-katanya sendiri. (Pertemuan 14)

§  Peserta didik dapat menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem dengan mengungkapkan gagasan menggunakan kata-katanya sendiri. (Pertemuan 15)

 

2.    PEMAHAMAN BERMAKNA

Setelah mengikuti pembelajaran peserta didik diharapkan dapat memahami bahwasannya aspek bumi dan antariksa berkaitan dengan materi gravitasi universal dan hukum-hukum gravitasi yang berlaku. Struktur Bumi yang terdiri dari interior bumi, litosfer, lempeng tektonik, dan gempa bumi. Struktur bumi meliputi hidrosfer, atmosfer, dan medan magnet bumi.

 

3.    PERTANYAAN PEMANTIK

§  Apakah Anda mengetahui tentang gravitasi bumi?

§  Bagaimanakah bunyi Hukum Newton?

§  Apa yang Anda ketahui tentang litosfer?

§  Bagaimana dinamika litosfer dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari yang Anda ketahui?

§  Apa yang Anda ketahui tentang Hidrosfer?

§  Bagaimana dinamika Hidrosfer dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari yang Anda ketahui?

§  Apakah yang kalian ketahui mengenai medan magnet bumi?

§  Apakah yang anda ketahui tentang perubahan iklim?

§  Menurut anda apakah dampak perubahan iklim bagi ekosistem?

§  Apakah yang anda ketahui tentang mitigasi?

§  Ada berapa jenis bencana alam yang bisa anda sebutkan?

 

4.    PERSIAPAN PEMBELAJARAN

Guru membuat presentasi tentang bumi dan antariksa b. Guru membuat link room di Google Meet

 

5.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 12

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi gravitasi bumi menggunakan Hukum Newton

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apakah Anda mengetahui tentang gravitasi Bumi?

-      Bagaimanakah Bunyi Hukum Newton?

E = (Eksplorasi Konsep )

§ Peserta didik menggali konsep tentang gravitasi bumi menggunakan Hukum Newton dengan mempelajari modul (P3 bernalar kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 1 (P3 Gotong royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep gravitasi bumi menggunakan Hukum Newton

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep gravitasi bumi menggunakan Hukum Newton (P3

Mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 13

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan membacakan daftar hadir

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait materi dinamika litosfer dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apa yang Anda ketahui tentang Litosfer?

-      Bagaimana dinamika litosfer dan dampaknya dalam kehidupan sehari- hari yang Anda ketahui?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang dinamika litosfer dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari dengan mempelajari modul (P3 Bernalar Kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 2 (P3 Gotong Royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep dinamika litosfer dan dampaknya dalam kehidupan sehari-hari

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami dinamika litosfer dan dampaknya dalam kehidupan sehari- hari (P3 mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 14

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan membacakan daftar hadir

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan serta tentang medan magnet bumi

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apa yang Anda ketahui tentang Hidrosfer?

-      Bagaimana dinamika Hidrosfer dan dampaknya dalam kehidupan sehari- hari yang Anda ketahui?

-      Apakah yang kalian ketahui mengenai medan magnet bumi?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari serta medan magnet bumi dengan mempelajari modul (P3 Bernalar Kritis)

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam Lembar Observasi 3 dan LKPD 4 (P3 Gotong Royong)

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Guru membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan serta konsep medan magnet

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan serta konsep medan magnet

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang mengalami kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 15

Tahapan

Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Orientasi

§ Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru

§ Salah satu peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME)

§ Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan membacakan daftar hadir

Apersepsi

§ Guru memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik tentang perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem serta mitigasi macam- macam bencana alam

Motivasi

§ Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari

Pemberian Acuan

§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung

15

menit

Kegiatan

Inti

Fase 1: Reflection

M = (Mulai Diri)

§ Menggunakan pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu:

-      Apakah yang anda ketahui tentang perubahan iklim?

-      Menurut anda apakah dampak perubahan iklim bagi ekosistem?

-      Apakah yang anda ketahui tentang mitigasi?

-      Ada berapa jenis bencana alam yang bisa anda sebutkan?

E = (Eksplorasi Konsep)

§ Peserta didik menggali konsep tentang perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem serta mitigasi macam-macam bencana alam secara menyeluruh dengan mempelajari modul

Fase 2: Research

R = (Ruang Kolaborasi)

§ Guru membagi peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 5 dan 6 (P3 Bergotong Royong)

§ Peserta didik menganalisis pemecahan masalah yang diberikan pada LKPD (P3 Bernalar Kritis)

Fase 3: Discovery

R = (Refeleksi Terbimbing)

§ Peserta didik menemukan konsep tentang perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem serta mitigasi macam-macam bencana alam yang telah diberikan (P3

Bernalar Kritis)

D = (Demonstrasi Konstektual)

§ Peserta didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem serta mitigasi macam-macam bencana alam (P3 Mandiri)

E = (Elaborasi Pemahaman)

§ Guru membimbing peserta yang kesulitan

§ Peserta didik bisa bertanya jika ada kesulitan

210

menit

Kegiatan  Penutup

K = (Koneksi Antar Materi Peserta didik bersama)

§ Peserta didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum.

§ Peserta didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan.

A = (Aksi Nyata)

§ Guru memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan dengan materi.

§ Guru memberikan motivasi,

§ Guru menutup dengan memberikan salam.

45 Menit

ASSESMENT

§ Penilaian pengetahuan: tes tulis pilihan ganda

§ Penilaian Performa: membuat laporan diskusi dan presentasi

§ Penilaian Sikap: observasi

PENGAYAAN DAN REMIDIAL

Ketuntasan proses pembelajaran dapat ditunjukkan dengan pencapaian

kompetensi yang telah ditetapkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siswa yang belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan maka dapat dikatakan siswa tersebut belum mencapai ketuntasan. Pokok bahasan atau materi yang belum mencapai batas KKM harus dianalisis serta dilaksanakan program pendalaman materi dan selanjutnya diadakan program remedial atau perbaikan. Pada prinsipnya program remedial atau perbaikan dilaksanakan untuk menuntaskan tujuan pembelajaran yang belum dicapai siswa.

METODE

§ Menjelaskan kembali materi atau soal-soal yang dijawab salah

§ Mengerjakan soal-soal latihan

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

§ Mengumpulkan siswa yang remidi, untuk memperoleh tambahan pelajaran/pengayaan

§ Mengerjakan kembali materi yang belum dimengerti atau dijawab oleh siswa

§ Mempersiapkan soal-soal untuk siswa

§ Siswa diminta untuk mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan

§ Guru memeriksa hasil pekerjaan

§ Siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 melaksanakan tutor sebaya

§ Siswa yang memperoleh nilai < 60 dinyatakan belum kompeten dan diberi tugas atau soal-soal lebih lanjut

REFLEKSI PESERTA DIRI DAN GURU

§ Apa yang kamu peroleh dari pembelajaran?

§ Apa kesulitan yang kamu hadapi dalam mengerjakan LKPD?

§ Hal apa saja yang kamu lakukan untuk memudahkan belajar Bumi dan Antariksa?

§ Apa harapanmu?

 


 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

1.    Ringkasan Materi Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik

        Lihat di blog ini

2.    LKPD atau Observasi

        Lihat di blog ini

3.    Daftar Pustaka

Achdiansyah, Yan Muhammad. 2017. Energi Terbarukan dan Dampaknya Terhadap Lingkungan 

diakses 23 Juli 2021 https://icare-indonesia.org/energi-terbarukan-dan- dampaknya-terhadap 

lingkungan/

Andri, 2014. Macan-macam sumber energi terbarukan dan tak terbarukan, diakses 23 Juli 2021 

https://benergi.com/macam- macam-sumber-energi-terbarukan-dan-tak-terbarukan/

Budiyanto, Joko. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Fisika untuk Kelas XII SMA/MA Program Ilmu 

Pengetahuan. Pusat Perbukuan, Depertemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Foster Bob. 2003. Terpadu Fisika SMU Jilid 2B Semester 2. Bandung: Erlangga.

Kanginan, Marthen. 2007. Fisika untuk SMA/MA kelas XII. Jakarta: Erlangga.

Tim Penyusun. 2018. Fisika untuk SMA/MA kelas XII. Jakarta: Intan Pariwara.

Tjasyono, B. HK. 2006. Ilmu Kebumian dan Antariksa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bekerja 

Sama dengan Program Pascasarjana UPI.

BPBD. 2018. Mitigasi Bencana. Diakses 26 Agustus 2021 dari https://bpbd.karanganyarkab.go.id/

p=603. http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Gempabumi__Tsunami/Gempabumi.bmkg.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar