MODUL
AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)
ZAT
DAN PERUBAHANNYA
INFORMASI UMUM
1. IDENTITAS MODUL
Nama
Penyusun : Fitrotun Laelah
Nama
Sekolah : SMK Perguruan “Cikini”
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
Tahun
Penyusunan : 2025 / 2026
Alokasi
Waktu : 1080 menit (4 pertemuan @6x45’)
Elemen
: Mendesain dan mengevaluasi penyelidikan
ilmiah
Capaian
Pembelajaran :Peserta didik dapat
menentukan dan mengikuti prosedur yang tepat untuk melakukan penyelidikan
ilmiah, menjelaskan cara penyelidikan yang tepat bagi suatu pertanyaan ilmiah,
serta diharapkan dapat mengidentifikasi kekurangan atau kesalahan pada desain
percobaan ilmiah.
2.
KOMPETENSI AWAL
Peserta didik telah memiliki
pengetahuan awal tentang jenis jenis zat dan berbagai macam besaran.
3. PROFIL PELAJAR PANCASILA
Setelah mengikuti pembelajaran ini,
Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik yaitu;
Peserta didik akan mengembangkan kemampuan Beriman dan bertakwa kepada Tuhan
YME, bernalar kritis, mandiri, dan bergotong royong dalam menyelesaikan
masalah.
4. SARANA & PRASARANA
Sarana & Prasarana yang dibutuhkan
pada saat belajar dengan modul ini antara lain:
§ Laptop/ Handphone
§ Internet
§ LKPD
§ Alat tulis
5.
TARGET PESERTA DIDIK
§ Peserta didik reguler/tipikal: 75%
§ Peserta didik dengan kesulitan belajar: 15%
§ Peserta didik dengan pencapaian tinggi: 10%
6. MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN
Discovery Learning secara tatap muka
dan daring
KOMPETENSI INTI
1.
TUJUAN PEMBELAJARAN
§ Peserta didik dapat menjelaskan dengan
menggunakan kata- kata sendiri sifat berbagai zat dan perubahannya secara
fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari. (Pertemuan 5)
§ Peserta didik dapat menganalisis penggolongan
zat menjadi unsur, senyawa, campuran serta menarik kesimpulan dari tujuan
penggolongan zat tersebut dengan menggunakan bahasa sendiri. (Pertemuan 6)
§ Peserta didik dapat menganalisis cara
pemisahan campuran yang bermanfaat secara ekonomis dalam kehidupan sehari-hari
yang bisa ditemukan di daerah masing-masing. (Pertemuan 7)
2.
PEMAHAMAN BERMAKNA
3.
PERTANYAAN PEMANTIK
§ Apakah Anda pernah mengukur berbagai macam
besaran? Bagaimana cara mengukurnya?
§ Bagaimana
ciri-ciri perubahan fisika dan kimia yang Anda ketahui?
§ Bagaimana ciri-ciri unsur dan senyawa?
§ Bagaimana cara memisahkan garam dengan air?
4.
PERSIAPAN PEMBELAJARAN
§ Guru membuat presentasi tentang zat dan
perubahannya,
§ Guru membuat contoh hasil karya berupa alat
sederhana pembuatan biogas.
5.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 4 |
||
Tahapan |
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
Orientasi § Guru membuka
pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru § Salah satu peserta
didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3 Beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME) § Guru
mengecek kehadiran peserta didik § Peserta
didik melakukan assesment diagnostik kognitif dan non kognitif Apersepsi § Guru
memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait
materi besaran dan satuannya Motivasi § Guru
memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari Pemberian Acuan § Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Fase 1: Reflection M = (Mulai Diri) § Menggunakan
pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu: - Apakah Anda
pernah mengukur berbagai macam besaran? - Bagaimana
cara mengukurnya? E = (Eksplorasi Konsep) § Peserta
didik menggali konsep tentang tentang besaran, satuan pengukuran dengan
mempelajari modul (P3 Bernalar Kritis) Fase 2 : Research R = (Ruang Kolaborasi) § Guru membagi
peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan
berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 1 yang telah diupload guru dalam
Google Classroom (P3 Gotong royong) R = (Refeleksi Terbimbing) § Guru
membimbing peserta didik untuk dapat dapat menemukan konsep besaran dan
pengukurannya D = (Demonstrasi Konstektual) § Peserta
didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep besaran dan
pengukurannya (P3 Mandiri) E = (Elaborasi Pemahaman) § Guru
membimbing peserta yang mengalami kesulitan § Peserta
didik bisa bertanya jika ada kesulitan |
210 menit |
Kegiatan Penutup |
K = (Koneksi Antar Materi Peserta
didik bersama) § Peserta
didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum, § Peserta
didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan. A = (Aksi Nyata) § Guru
memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan
dengan materi, § Guru
memberikan motivasi, § Guru menutup
dengan memberikan salam. |
45 Menit |
KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
||
PERTEMUAN 5 |
||
Tahapan |
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
Orientasi § Guru membuka
pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru § Salah satu
peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME) § 3. Guru
mengecek kehadiran peserta didik Apersepsi § Guru
memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait
materi zat dan perubahannya Motivasi § Guru
memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari Pemberian Acuan § Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Fase 1: Reflection M = (Mulai Diri) § Menggunakan
pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu: - Bagaimana
ciri-ciri perubahan fisika dan kimia yang Anda ketahui? E = (Eksplorasi Konsep) § Peserta
didik menggali konsep tentang zat dan perubahnnya pengukuran dengan
mempelajari modul (P3 bernalar kritis) Fase 2 : Research R = (Ruang Kolaborasi) § Guru membagi
peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan
berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 2 yang telah diupload guru dalam
Google Classroom (P3 Gotong royong) R = (Refeleksi Terbimbing) § Guru
membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep zat dan perubahannya D = (Demonstrasi Konstektual) § Peserta
didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep zat dan
perubahannya (P3 mandiri) E = (Elaborasi Pemahaman) § Guru
membimbing peserta yang mengalami kesulitan § 2. Peserta
didik bisa bertanya jika ada § kesulitan |
210 menit |
Kegiatan Penutup |
K = (Koneksi Antar Materi Peserta
didik bersama) § Peserta
didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum, § Peserta
didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan. A = (Aksi Nyata) § Guru
memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan
dengan materi, § Guru
memberikan motivasi, § Guru menutup
dengan memberikan salam. |
45 Menit |
KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
||
PERTEMUAN 6 |
||
Tahapan |
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
Orientasi § Guru membuka
pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru § Salah satu
peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME) § Guru
mengecek kehadiran peserta didik Apersepsi § Guru
memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait
penggolongan zat menjadi unsur, senyawa, dan campuran Motivasi § Guru
memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari Pemberian Acuan § Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Fase 1: Reflection M = (Mulai Diri) § Menggunakan
pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu: - Bagaimana
ciri-ciri unsur dan senyawa? Fase 2 : Research R = (Ruang Kolaborasi) § Guru membagi
peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan
berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 3 yang telah diupload guru dalam
Google Classroom (P3 Gotong royong) R = (Refeleksi Terbimbing) § Guru
membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep unsur, senyawa dan
campuran D = (Demonstrasi Konstektual) § Peserta
didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep unsur, senyawa
dan campuran (P3 Mandiri) E = (Elaborasi Pemahaman) § Guru
membimbing peserta yang mengalami kesulitan § Peserta
didik bisa bertanya jika ada kesulitan |
210 menit |
Kegiatan Penutup |
K = (Koneksi Antar Materi Peserta
didik bersama) § Peserta
didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum, § Peserta
didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang perubahan lingkungan. A = (Aksi Nyata) § Guru
memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan
dengan materi, § Guru
memberikan motivasi, § Guru menutup
dengan memberikan salam. |
45 Menit |
KEGIATAN
PEMBELAJARAN |
||
PERTEMUAN 7 |
||
Tahapan |
Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
Orientasi § Guru membuka
pelajaran dengan memberi salam dan peserta didik menjawab salam dari guru § Salah satu
peserta didik memimpin kegiatan berdoa sebelum pembelajaran dimulai (P3
Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME) § Guru
mengecek kehadiran peserta didik Apersepsi § Guru
memberikan apersepsi dengan menggali pengetahuan awal peserta didik terkait
cara pemisahan campuran Motivasi § Guru
memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari Pemberian Acuan § Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang akan berlangsung |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Fase 1: Reflection M = (Mulai Diri) § Menggunakan
pertanyaan pemantik untuk dikerjakan yaitu: - Bagaimana
cara memisahkan garam dengan air? - Bagaimana
penerapan zat dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari? E = (Eksplorasi Konsep) § Peserta
didik menggali konsep tentang pemisahan campuran pengukuran dengan
mempelajari modul yang sudah diupload guru di Google Classroom (P3 bernalar
kritis) Fase 2: Research R = (Ruang Kolaborasi) § Guru membagi
peserta didik membagi menjadi beberapa kelompok. Masing- masing kelompok akan
berdiskusi tentang permasalahan dalam LKPD 4 yang telah diupload guru dalam
Google Classroom (P3 Gotong royong) R = (Refeleksi Terbimbing) § Guru
membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep pemisahan campuran
melalui pertanyaan di Google Classroom D = (Demonstrasi Konstektual) § Peserta
didik mengerjakan tugas mandiri untuk lebih memahami konsep pemisahan
campuran (P3 Mandiri) E = (Elaborasi Pemahaman) § Guru
membimbing peserta yang mengalami kesulitan § Peserta
didik bisa bertanya jika ada kesulitan Fase 3: Discovery R = (Refeleksi Terbimbing) § Peserta
didik menemukan solusi tentang permasalahan yang telah diberikan (P3 bernalar
kritis) § Peserta
didik membuat desain perencanaan pembuatan produk yaitu membuat peralatan
sederhana untuk membuat biogas (P3 kreatif) § Guru dan
peserta didik sepakat membuat jadwal pembuatan proyek Fase 4: Aplikasi E = (Elaborasi Pemahaman) § Peserta
didik membuat hasil karya proyek pembuatan biogas sesuai dengan desain yang
direncanakan § Guru
memantau keaktifan peserta didik selama melaksanakan proyek § Guru
memantau realisasi perkembangan dan membimbing jika mengalami kesulitan Fase 5: Komunikasi K = (Koneksi antar Materi) § Peserta
didik mempresentasikan hasil proyek dengan
menggunakan Google Meeting/ Zoom § Peserta
didik melakukan diskusi dan tanya jawab § Peserta
didik menghubungkan konsep-konsep zat dan perubahannya yang berkaitan dengan
alat sederhana pembuatan biogas (P3 bernalar kritis) § Guru
membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep ketika ada permasalahan |
210 menit |
Penutup |
K = (Koneksi Antar Materi Peserta
didik bersama) § Peserta
didik dapat menanyakan hal-hal yang belum dipahami melalui forum § Peserta
didik mengerjakan assesmen sumatif berupa kuis tentang pemisahan campuran A = (Aksi Nyata) § Guru
memberikan tugas mencari contoh lain yang ada di sekitar yang berkaitan
dengan materi § Guru meminta
peserta didik untuk mengaplikasikan pembuatan biogas skala sederhana dalam
kehidupan sehari-hari § Guru
memberikan motivasi § Guru menutup
dengan memberikan salam |
45 menit |
ASSESMENT |
||
§ Penilaian
pengetahuan: Tes Tulis Pilihan Ganda § Penilaian
Performa: Membuat Laporan Diskusi dan Presentasi § Penilaian
Sikap: Observasi |
||
PENGAYAAN
DAN REMIDIAL |
||
Ketuntasan
proses pembelajaran dapat ditunjukkan dengan pencapaian kompetensi
yang telah ditetapkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siswa
yang belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan
maka dapat dikatakan siswa tersebut belum mencapai ketuntasan. Pokok bahasan
atau materi yang belum mencapai batas KKM harus dianalisis serta dilaksanakan
program pendalaman materi dan selanjutnya diadakan program remedial atau
perbaikan. Pada prinsipnya program remedial atau perbaikan dilaksanakan untuk
menuntaskan tujuan pembelajaran yang belum dicapai siswa. |
||
METODE |
||
§ Menjelaskan kembali
materi atau soal-soal yang dijawab salah § Mengerjakan
soal-soal latihan |
||
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN |
||
§ Mengumpulkan
siswa yang remidi, untuk memperoleh tambahan pelajaran/pengayaan § Mengerjakan
kembali materi yang belum dimengerti atau dijawab oleh siswa § Mempersiapkan
soal-soal untuk siswa § Siswa
diminta untuk mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan § Guru
memeriksa hasil pekerjaan § Siswa yang
memperoleh nilai ≥ 60 melaksanakan tutor sebaya § Siswa yang
memperoleh nilai < 60 dinyatakan belum kompeten dan diberi tugas atau
soal-soal lebih lanjut |
||
REFLEKSI
PESERTA DIRI DAN GURU |
||
§ Apa yang
kamu peroleh dari pembelajaran? § Apa
kesulitan yang kamu hadapi dalam mengerjakan LKPD? § Hal apa saja
yang kamu lakukan untuk memudahkan belajar Zat dan Perubahannya? § Apa
harapanmu? |
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. RINGKASAN MATERI BAHAN BACAAN GURU DAN
PESERTA DIDIK
Silahkan cek di halaman yang lain
2. LEMBAR OBSERVASI DAN TUGAS
Silahkan cek di label di beranda
3. DAFTAR PUSTAKA
Achdiansyah, Yan Muhammad. 2017.
Energi Terbarukan danDampaknya Terhadap Lingkungan. Diakses 23 Juli 2021 https://icare-indonesia.org/energi-terbarukan-dan-dampaknya terhadap-lingkungan.
Andri, 2014. Macan-macam sumber energi
terbarukan dan takterbarukan. Diakses 23 Juli 2021 https://benergi.com/macam
macam-sumber- energi-terbarukan-dan-tak-terbarukan.
Budiyanto, Joko. 2009. Mudah dan Aktif
Belajar Fisika untuk Kelas XII SMA/MA Program Ilmu Pengetahuan. Pusat
Perbukuan, Depertemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
Foster, Bob. 2003. Terpadu Fisika SMU
Jilid 2B Semester 2. Bandung: Erlangga.
Kanginan, Bob. 2003. Fisika untuk
SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
Tim Penyusun. 2018. Fisika untuk
SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Intan Pariwara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar